Senseiipa's Blog
Just another WordPress.com weblog

kesempurnan pendidikan dalam islam

bahwa islam pun mengatur pendidikan manusia sejak manusia dalam kandungan hingga meninggal. bahkan jauh-jauh hari sebelum seseorang menikah agar memilih balon (bakal calon) pasangan hidupnya, yaitu agar memilih pendamping yang shaleh. karena dari bibit-bibit yang unggul inilah akan lahir manusia-manusia berkualitas, sehingga umat islam dapat tampil sebagi pemimpin peradaban. dan perlu dipahami sebagai sunnatulloh, bahwa orang-orang yang shalih (baik, berakhlak mulia) akan mendapatkan wanita yang shalihah, sehingga terbentuklah keluarga sakinah mawaddah, warohmah.

adapun bila memilih aclon hidup yang ditemukan di tempat-tempat maksiat, dapat dibayangkan nantinya akan lahir generasi-generasi yang mewarisi akhlak tercela pula.

maka islam mengarahkan pendidikan ini dari keluarga sebagai basis tegaknya pendidikan di masyarakat, seperti ungkapanAl-Umm Madrasatun, ibu adalah sekolah tempat belajar bagi anak-anaknya.

adapun komponen pendidikan dalam islam adalah:

a. keluarga sebagai basis pendidikan

b. sekolah sebagi basis keilmuan dan lahan untuk menyemaikan bekal yang diterimanya.

c. masyarakat sebagai sarana pergaulan tempat untuk menggali pengalaman.

ada satu lagi komponen yang penting dalam pendidikan islam yaitu mesjid, sebagi lahan untuk menyemai kehidupan ruhani, menumbuhkan kepekan sosial, mengasah ketajaman akal, dan melatih perikehidupan sosial dalam bentuk ukhuwah islamiyah sebelum orang terjun di masyarakatnya.

di dalam shalat tumbuh adanya kehidupan berjamah, adanya persamaan hak dan kewajiban, pengakuan kepemimpinan dengan pengangkatan imam yang wajib ditaati dan tidak boleh didahlui, serta ikatan keimanan yang menyatukan ruhani kaum mukmin.

di dalam shalat juga akan ditemukan semangat kedisiplinan dengan menepati waktu-waktu shalat, adanya kedisiplinan dalam menyusun shaf dan merapikannya,ketertiban dan kesaman dalam gerak. sungguh merupakan medan pendidikan.

di samping itu, di dalam shalat kita temukan kepedulian seorang pemimpin yang peduli dengan kondisi jamahnya, ada yang sakit, tua, memiliki hajat, sehingga tidak berasyik-asyik terlalu memanjangkan bacaannya. selain itu sebagai makmum tumbh adanya penghormatan terhadap imamnya.

da dari masjid inilah nantinya tumbuh generasi yang dilindungi Allah SWT.

Wallohua’lam….

By:Lala matla’ussaadah

Belum Ada Tanggapan to “kesempurnan pendidikan dalam islam”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: